Strategi Propaganda dalam Iklan Kampanye Anies Baswedan dan Cak Imin : Analisis Wacana pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024

Authors

  • Dela Afyani Universitas Bina Bangsa
  • Arfian Suryasuciramdhan Universitas Bina Bangsa
  • Siti Fadilah Universitas Bina Bangsa
  • Nur Fadilah Universitas Bina Bangsa
  • Desti Aprilyani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.62383/federalisme.v2i3.813

Keywords:

Campaign Strategy, Discourse Analysis, Political Propaganda

Abstract

This analysis discusses the political communication strategy of presidential and vice presidential candidate pair Anies Baswedan and Muhaimin Iskandar (Cak Imin) in the 2024 Presidential Election through a discourse analysis of their campaign advertisements. This campaign utilizes various propaganda techniques such as glittering generalities, plain folks, transfer, and contrast framing to shape political images, strengthen emotional connections with voters, and implicitly criticize political opponents. Symbols of the people and religiosity are used strategically to create social identification and legitimacy in the eyes of the public, especially traditional Muslim voters. In addition, the strategy of political public relations and the use of social media, including TikTok Live, show how the modern campaign approach has shifted towards digitalization and more targeted message segmentation. This analysis underlines the importance of emotional, symbolic, and inclusive communication narratives to avoid social fragmentation and shows that contemporary political campaigns are not only about conveying information, but also about strategic symbolic influence and imaging in the digital era.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfatih, I. Z. (2024). Peran media sosial dalam kampanye politik di Indonesia lima tahun terakhir: Antara demokrasi dan manipulasi informasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 11.

Amallah, M. N. S., & Marini, A. M. (2023). Propaganda pemberitaan Jokowi pada Pemilu 2014 di Majalah Tempo dalam prespektif ideologies and power. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 19.

Arin, R. A. F. (2020). Pengaruh komik digital di Instagram sebagai media kampanye politik. Jurnal Politik dan Pemerintahan.

Barata, F. M., & Mariam, M. B. (2023). Dibalik layar kampanye: Mengurai strategi publisitas dan propaganda politik dalam pemilihan presiden. Jurnal Media dan Komunikasi, 18.

Bintang, A. N. (2020). Strategi kampanye pemenangan pasangan Joko Widodo - KH. Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Dina, F., & Sari, J. (2021). Penggunaan media sosial Instagram dalam membangun citra positif Joko Widodo pada Pilpres 2019. Isu Politik.

Fardiyah, D., & Syahputra, J. (2021). Penggunaan media sosial Instagram dalam membangun citra positif Joko Widodo pada Pilpres 2019. Isu Politik.

Fermana, R. A. (2021). Relasi media massa dan politik pada pemilihan umum presiden 2019. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi.

Harahap, D. N. (2025). Strategi kampanye nonkomersil dalam ilmu komunikasi untuk membangun kesadaran publik. Ilmiah Kajian Komunikasi.

Indra, N. (2020). Penyuluhan hukum pelaporan penerimaan sumbangan dana kampanye sebagai konvensi ketatanegaraan pemilu. Pengabdian Kepada Masyarakat.

Laylia, F. M. (2020). Politik identitas dalam pemilihan presiden 2019 (Analisis framing pemberitaan kampanye Pilpres 2019 pada Madcom ID).

Miranata Putri, L. U., & Putra, A. P. (2024). Aksebilitas pengawasan media sosial oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum terhadap pencegahan kampanye propaganda. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 18.

Ngenget, I. (2020). Memahami kampanye positif, negatif dan hitam kepada ibu-ibu PKK Kecamatan Dramaga, Bogor. Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat.

Primawardhani, A. (2023). Political branding Jokowi melalui media sosial Twitter dalam kampanye pemilu presiden 2019. Jurnal Politik Komunikasi.

Putri, A. P., & Miranata Putri, L. U. (2024). Aksebilitas pengawasan media sosial oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum terhadap pencegahan kampanye propaganda. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 18.

Sahalahaudin, M. A., & Nugraha, A. N. (2023). Strategi komunikasi pemasaran di era digital. Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, 7.

Senaharjanta, I. L. (2020). Konstruksi politik identitas melalui visual fotografi (Studi analisa pesan visual Paul Martin Lester pada foto deklarasi kemenangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin).

Setianto, Y. P. (2020). Melihat perbincangan #Pilpres2019 di media sosial dengan sosial media analytics. Jurnal Ilmu Komunikasi Ultimacomm.

Sirait, F. E. (n.d.). Ujaran kebencian, hoax dan perilaku memilih (Studi kasus pada pemilihan presiden 2019 di Indonesia). Kampanye 2019.

Sukma, F., & Candra, H. (2023). Kampanye politik sebagai politik pemasaran: Tinjauan atas pemilihan umum calon presiden Indonesia tahun 2019. Political Science.

Widjayanto, F. R., & Nugroho, S. N. (2022). Strategi komunikasi politik Ma’ruf Amin dalam kampanye pemilu 2019: Pembelajaran untuk politik anti-hoax. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Dela Afyani, Arfian Suryasuciramdhan, Siti Fadilah, Nur Fadilah, & Desti Aprilyani. (2025). Strategi Propaganda dalam Iklan Kampanye Anies Baswedan dan Cak Imin : Analisis Wacana pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. Federalisme: Jurnal Kajian Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 2(3), 01–09. https://doi.org/10.62383/federalisme.v2i3.813

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.