Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pelayanan Pada Kantor Camat Rambutan Kabupaten Banyuasin

Authors

  • Iin Triyanti Universitas Tamansiswa Palembang
  • Mega Nugraha Universitas Tamansiswa Palembang
  • Sunarto Sunarto Universitas Tamansiswa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.62383/parlementer.v1i3.115

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, pelayanan

Abstract

Iin Triyanti. Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pelayanan pada Kantor Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Camat Rambutan bersifat partisipatif, dimana Camat Rambutan tidak mengambil keputusan secara sepihak melainkan melakukan koordinasi atau sharing kepada bawahan, mulai dari sekretaris, camat, camat dan staf, sehingga gaya kepemimpinan seperti itu dapat meningkatkan kinerja pegawai, karena pegawai merasa dilibatkan dan dihargai. Bukan hanya sebagai suruhan. Camat mempunyai tugas melaksanakan sebagian kewenangan Pemerintah Kabupaten di wilayah kerjanya, yaitu meliputi bidang pemerintahan, perekonomian, pembangunan, kesejahteraan rakyat dan pembinaan kehidupan bermasyarakat serta urusan pelayanan umum lainnya yang diserahkan oleh Bupati. Dan peran Camat dalam hal ini sebagai pemimpin adalah memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah ditetapkan. Faktor pendukung dalam peningkatan kinerja pegawai adalah adanya sistem koordinasi yang baik antara atasan kepada staf dan sesama staf, sehingga tidak terjadi salah pengertian. Faktor penghambat adalah kualitas pegawai dilihat dari jenjang pendidikan yang masih belum strata satu (S1).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-15

How to Cite

Iin Triyanti, Mega Nugraha, & Sunarto Sunarto. (2024). Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pelayanan Pada Kantor Camat Rambutan Kabupaten Banyuasin. Parlementer : Jurnal Studi Hukum Dan Administrasi Publik, 1(3), 163–175. https://doi.org/10.62383/parlementer.v1i3.115

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)